Rabu, 04 Maret 2015

~*ARTIKEL MAIL SERVER*~

MAIL SERVER


PENGERTIAN MAIL SERVER 






Mail server bisa diartikan sebagai aplikasi yang menerima e-mail masuk dari pengguna lokal dan untuk pengiriman e-mail keluar. Mail Server juga dikenal sebagai Mail Transfer Agent (MTA) atau Internet Router. Sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan jenis aplikasi perangkat lunak komputer  juga disebut Mail Server. Hal ini dianggap sebagai jantung dari setiap email system.


Setiap email yang dikirimkan dibuat untuk melewati sejumlah server mail sepanjang jalan ke penerima. Untuk user biasa, surat tersebut dikirim langsung tetapi proses adalah sesuatu yang dimengerti. Tanpa rangkaian Server Mail, pengguna hanya akan dapat mengirim email ke orang-orang yang alamat email domain sesuai dengan domain pengguna. Ini berarti bahwa pengguna hanya dapat mengirim pesan dari “kelompok.org” ke pengguna sesama “kelompok.org”.
Server mail yang menawarkan solusi lengkap untuk semua kebutuhan sistem email yang berhubungan dengan pengguna. Ini pada dasarnya dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi persyaratan dari setiap ukuran organisasi. Layanan Mail Server membantu dalam melindungi jaringan perusahaan dari ancaman keamanan (seperti virus dan spam). Beberapa fitur canggih Mail Server memastikan perlindungan yang maksimal dari jaringan dari segala macam ancaman eksternal. Ini juga melacak email yang dikelola atau diperoleh dari ISP.
Sebagian besar Mail Servers dioperasikan secara otomatis. Mail Server menetapkan aturan, menurut mana pesan akan dikirim atau diterima dari server mail lain. Mail Servers diklasifikasikan sebagai:
v  Server Outgoing Mail (SMTP atau Server)
v  Server Surat masuk (POP3 atau server)
Salah satu fitur yang banyak digunakan dari Mail Server itu Web Mail Server. Menggunakan Web Server Mail, karyawan dari sebuah organisasi dapat memiliki akses ke mail resmi mereka dari luar. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses account email resmi mereka di internet, dengan menggunakan peramban , dari mana saja di dunia, dan juga memungkinkan mengirim atau menerima email.
- See more at: http://lukmanbayz.blogspot.com/2012/12/pengertian-mail-server.html#sthash.KjccwjK0.dpuf

 

 

Jenis-jenis Mail Server

1.        SERVER SENDMAIL
Server email SendMail adalah sebuah server email standar yang satu paket dengan sistem operasi Linux/Unix. SendMail ini merupakan server email yang paling dahulu muncul di antara ketiga server email. Ada banyak versi SendMail yang sudah digunakan. Versi pertama adalah 8.8.5 dan diluncurkan tanggal 21 Januari 1997.
2.        SERVER QMAIL
Server email QMail adalah sebuah server email yang harus di-install sendiri ke dalam sistem operasi Linux/Unix. QMail ini merupakan server email jawaban yang oleh pembuatnya disebut sebagai server email teraman karena sampai sekarang belum ditemukan satupun lubang pengamanan yang bisa mengganggu kinerjanya. QMail dibuat oleh Dan J. Bernstein, seorang profesor Departemen Matematika, Statistik, dan Ilmu Komputer, Universitas Illinois, Chicago. QMail sudah banyak digunakan oleh host-host ternama seperti Hotmail dan Yahoo!Mail
3.        SERVER POSTFIX
Server email Postfix adalah sebuah server email yang dikembangkan sebagai pengganti SendMail dan bisa dijalankan dengan baik di sistem operasi Unix dan Max O/S X. Postfix ini dibuat oleh Wietse Venema, seorang ahli pengamanan (security specialist) saat bekerja sebagai peneliti di IBM. Postfix merupakan versi yang dibagikan secara gratis dari perusahaan email komersial IBM, Secure Mailer Pertama kali dibuat tahun 1998 dan menjadi populer karena mudah mendapatkan kode programnya dan dijalankan dalam sistem operasi terbuka. Postfix dipasarkan mulai tanggal 22 Januari 1999.

Cara kerja Mail Server

  • Mail Server memberikan layanan kepada pengguna internet berupa layanan email
  • Proses
·      User mengirim message
·      Pertama kali message dikirim dari host user menuju ke mail server
·      Mail server mengirim message ke mail server yang lain di internet dimana penerima berada
·      Mail server penerima kemudian mengirimkan pesan ke sistem host penerima
·      Pada masing-masing tahapan ada perbedaan tipe operasi dengan menggunakan agent yang berbed
  • Macam agent
·      MUA
                Mail client yang digunakan user untuk mengirim email ke user lain
·      MTA
                Mail server yang menggunakan SMTP untuk mengirimkan pesan dari satu mail server ke mail server yang lain
·      MDA
                Mengambil pesan yang diterima oleh mail server dan mengirimkannya ke user accoun
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3 adalah sebagai berikut ini:
Saya menulis surat → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima.
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).
Mail server adalah server yang melayani permintaan email dari client. Mail server menyediakan layanan surat menyurat elektronik baik yang bersifat free seperti gmail,yahoo,aol , dan lain lain. Maupun yang berbayar seperti indo.net.id dan lain lain.
Hampir semua pengguna internet memiliki email, karena email merupakan kebutuhan pokok sebagai identitas pengguna ketika mereka menjelajahi dunia internet.
Pengguna email tidak hanya sebatas kalangan personal saja, kalangan corporate pun sangat membutuhkan keberadaan email untuk komunikasi dengan partner bisnis mereka. Jadi bisa di bilang email merupakan alat komunikasi wajib bagi pengguna internet.
Tapi apakah anda tahu bagaimana cara kerja email di internet? Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara kerja email server.
Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, ada 3 service yang berjalan untuk membangun sebuah email server:
POP Server = Singkatan dari Post Office Protocol, yaitu sebuah server yang melayani permasalahan Login kita ke email server melalui native mail (thunderbird,outlook,eudora,evolution,dll). Jadi jika kita selalu menggunakan email melalui aplikasi-aplikasi tersebut, maka ketika kita ingin melakukan pengecekan email, otomatis aplikasi tersebut akan mengirimkan username dan password kita ke server POP. Dan server POP akan memproses login kita. Jika login kita benar maka semua email akan di download ke aplikasi tersebut. Jika login kita salah maka akan muncul notifikasi bahwa username dan password salah.
- IMAP Server = Singkatan dari Internet Mail Access Protocol, sebuah server yang melayani permasalahan Login kita ke email server melalui Webmail. Jadi jika kita sering mengakses email melalui browser seperti mail.yahoo.com, gmail.com dll maka kita akan menggunakan protocol IMAP. Ketika kita membuka gmail.com dan memasukkan username dan password, maka login kita tersebut akan dikirim ke IMAP server yang selanjutnya akan diproses. Jika login kita benar maka kita akan masuk ke halaman webmail kita. Jika login kita salah maka di web akan muncul notifikasi bahwa username/password kita salah.
- SMTP Server Singkatan dari Simple Mail Tranfer Protocol, yaitu sebuah server yang bertanggungjawab atas pengiriman email dari sender hingga sampai ke penerima. Jadi ketika kita membuat email di gmail dan hendak mengirim ke yahoo, saat mengklik Send, maka email tersebut akan di kirim oleh SMTP server gmail. Si SMTP gmail kita akan mencari keberadaan SMTP yahoo. Jika SMTP Yahoo ditemukan maka email kita akan dioper ke SMTP yahoo yang selanjutnya akan di tindaklanjuti oleh si server yahoo. Jika SMTP yahoo tidak ditemukan, maka email kita akan kembali ke inbox kita dengan notifikasi failed.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat skema berikut:






cara kerja mail server, cara, kerja, mail, server, pengertian mail server, pengertian pop3, pop3, pengertian imap, imap, pengertian webmail, webmail, bagaimana mail server bekerja, bagaimana, bekerja
Dari gambar diatas kita bisa lihat bahwa :
A: Pengirim Mengirim email
B: Email sedang di Send
C: Email berjalan melalui Jaringan di perusahaan si pengirim
D: Email masuk ke SMTP server milik perusahaan si pengirim
E: Email di routingkan ke internet untuk mencapai SMTP penerima
F: Setelah sampai, Email kita di filter dahulu oleh firewall milik si penerima
G: Setelah lolos email masuk ke SMTP penerima
H: Akhirnya email kita akan di kirim ke si penerima

Related Post:



0

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan Google Chrome Untuk Mendapatkan Tampilan Terbaik Blog Ini ( ^_^ )